pilih solusi tepat dan nyata di d'BCN

Tuesday, April 30, 2013

Adab Bertamu

Kalau di keseharian, kita mengenal dengan tata krama, sopan santun, dan lainnya maka dalam Islam semuanya sudah dibuat bagaimana aturan mainnya. Allah sampaikan dalam kitabNya, Al-Qur'an. Okay, kali ini, kita bahas adab bertamu. Sebelum itu, simak dulu kisah di bawah ini:

Ada sebuah keluarga yang terdiri dari 1 ayah, 1 ibu dan 2 anak. Anak pertama bernama Aska dan anak kedua bernama Zidan. Suatu pagi di hari libur, Ibu membuat kolak pisang yang cukup banyak, kemudian ia meminta Aska untuk mengantarkan makanan ke rumah nenek juga bu'denya. Aska yang sedang sibuk dengan laptopnya, sedikit bermalas-malasan untuk keluar. Ia belum mandi dan masih mengenakan baju tidur.

"mandi dulu sana" seru sang ibu pada anak pertamanya itu
"ntar aja bu. mana kolaknya biar sekarang aska antar" jawab si anak
"malu dong sama nenek masa kesana pake baju tidur" ucap si ibu
  
adab 1: Memakai pakaian yang terbaik, rapih, menutup aurat

Akhirnya ia mengikuti apa yang disarankan oleh ibunya, lalu pergi mengantar kolak tersebut dengan mengendarai motor. Rumah nenek tidak begitu jauh dari rumahnya, kurang lebih berselang 7 rumah sehingga ia bisa sampai lebih cepat. Sampai di rumah nenek, Aska melihat pintunya terbuka, ia pun segera masuk mencari nenek. 

"nenek, nenek... Aska datang bawa kolak dari ibu"
"nenek dimana?"
"Aska datang bawa kolak dari ibu"

Nenek yang sedang berada di dapur, segera berjalan untuk mendekati sumber suara.

"ya Allah, cucu nenek yang cantik dari tadi ya menunggu? Nenek ga denger ada yang salam kirain ga ada tamu" ucap si nenek

adab 2: Mengucapkan salam kepada tuan rumah

"eh iya nek, maap yak Aska lupa. Nih kolaknya, trus Aska langsung pergi ya mau ngantar kolak ke rumah bu'de" jawab aska sekalian berpamitan

Ia pun segera melaju ke rumah bu'de, jaraknya 1 km dari tempat nenek. Sesampainya disana, ia turun dari motornya kemudian mengetok rumah bu'denya sambil memberi salam.

"assalamu'alaikum....bude...assalamu'alaikum"

lama tak ada yang menyahut, aska mengintip-intip dari jendela rumah itu berharap menemukan bude atau pakde. Tapi tak ada orang yang datang untuk membukakan pintu. Ia mengintip lagi sambil mengetok jendelanya. Beberapa menit kemudian, bu'de keluar membukakan pintu. 

"wa'alaikumussalam.. sendiri aja kesininya? mana Ibu? tanya bu'de

"Ibu ada di rumah, bu'de. aku cuma di suruh nganter kolak buat bu'de"

"Wah makasih banyak. Harumnya (bu'de mencium aroma kolak tsb). Duduk dulu sini dek Aska"

Kemudian bu'de ke dapur, mungkin untuk memindahkan kolaknya. Lalu, bu'de datang membawakan air putih dan beberapa cemilan beserta wadah tempat kolak dari Aska.

"ayo di minum dulu.." sapa bude
"iya makasih bu'de" jawab aska

adab tuan rumah: menjamu tamu dengan makanan terbaik 

Sambil melihat Aska memakan makanan yang disajikan, bu'de berkata, "Nanti kalau bertamu ke rumah siapa aja, usahakan jangan mengintip-intip di jendelanya. Khawatir kalau yang punya rumah tidak sedang menutupi aurat dengan benar. kan jadi malu. Juga kalau udah 3x ketuk terus ga ada respon dari yang punya rumah, artinya kita harus pulang"

sambil cengengesan Aska berkata, "oh harus gitu ya bu'de? hehe maap aska ga tau. siap bu'de, laksanakan."

setelah selesai makan makanan yang di hidangkan, iapun pamit pulang. Tugas dari ibunya selesai dan ia mendapat banyak hal.
adab 3: Jangan celingak-celinguk di kaca jendela rumah orang yang kita datangi

adab 4: Ketuk hingga 3x. jika tidak di bukakan, segera pulang

adab 5: Setelah mengetuk pintu, badan kita bukan menghadap ke depan pintu melainkan ke dinding samping kanan/kirinya

Adab2 yang sudah dipaparkan diatas, terangkum semua dalam kitabNya di QS. Al-Hujuraat: 25-30 (cek qur'an masing2 yooo)

Semoga bermanfaat. :)

by: nhasnif

No comments:

Post a Comment