pilih solusi tepat dan nyata di d'BCN

Tuesday, April 30, 2013

Adab Masuk dan Keluar Masjid

Masjid merupakan rumah Allah Swt dan merupakan tempat yang suci. Sehingga kita sebagai umat muslim harus mengetahui adab masuk dan keluar masjid. Adab masuk dan keluar masjid, yaitu:

1.    Bershalawat dan berdoa saat masuk dan keluar masjid
Rasulullah bersabda, 
“Bila salah seorang di antara kalian hendak masuk masjid hendaknya ia bershalawat atas Nabi Saw dan membaca doa, ‘Yaa Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmatmu,’ Dan, bila keluar hendaknya ia bersalam kepada Nabi lalu mengucakpan, ‘Yaa Allah, sungguh aku mohon karunia-Mu.”(HR. Al-Baihaqi dalam Sunan Al-Kubra bersumber dari Abu Humaid atau Bau Usaid. Ra)

2.    Shalat dua rakaat
Rasulullah Saw bersabda,”Apabila salah seorang di antara kalian masuk masjid janganlah ia langsung duduk sebelum ia shalat dua rakaat.”(HR. Muslim, no. 1688). Namun hal ini disunnahkan apabila iqamat telah dikumandangkan.

3.    Menyibukkan diri dengan hal-hal yang akan mendatangkan pahala, seperti shalat sunnah dan berdoa. Dari Abdullah bin Mughafal ra, dari Nabi Saw bersabda, “Antara dua adzan ada waktu untuk melakukan shalat bagi yang ingin melakukannya.”(HR. At-Tirmidzi, No. 185 bersumber dari Abdullah bin Mughafal ra.)

4.    Besegera bangkit bila iqamat untuk shalat telah dikumandangkan dan sang imam telah terlihat. Rasulullah Saw bersabda, “Bila iqamat untuk shalat telah dikumandangkan, maka janganlah kalian berdiri hingga kalian melihat diriku.”(HR. Muslim, no. 1395 bersumber dari Abu Qatadah).

5.    Meluruskan dan merapatkan barisan
Rasulullah Saw bersabda, “Lurus dan rapatkanlah barisan kalian karena sesungguhnya lurus dan rapatnya barisan termasuk kesempurnaan shalat (shalat berjama’ah-ed).”(HR. Muslim, no. 1003 bersumber dari Anas bin Malik ra.)

6.    Segera mengikuti gerakan imam
Rasulullah Saw bersabda, “Seorang imam itu dijadikan supaya diikuti. Oleh karena itu, bila ia bertakbir maka hendaklah kalian bertakbir, bila ia ruku maka hendaknya kalian rukuk, bila ia mengucapkan, “Allah mendengar orang yang memuji-Nya” maka ucapkanlah, “Yaa Allah, Tuhan kami bagi-Mu segala puji. Bila ia shalat dengan berdiri, maka shalatlah dengan berdiri, bila ia shalat dengan duduk maka shalatlah kalian dengan duduk semuanya.”(HR. Muslim, no. 962 bersumber dari Abu Hurairah).

7.    Berdzikir seusai shalat
Dari Tsauban ra, ia mengatakan, Adalah Rasulullah Saw usai shalat beliau beristighfar.

8.    Menggunakan jari jemari tangan kalian saat berdzikir
Dari Abdullah bin Amr ra, ia berkata, “Aku melihat Rasulullah Saw menghitung bacaan tasbih (dengan jari-jari) tangan kanannya.”(HR. Abu Dawud, no. 1502).

9.    Memakai sandal/sepatu dimulai dengan bagian yang kanan terlebih dahulu
Aisyah ra, mengatakan, “Adalah Rasulullah Saw suka mendahulukan yang kanan sebisa yang beliau lakukan dalam bersuci, memakai sandal, bersisir dan dalam segala urusannya.”(HR. An-Nasa’I, no. 112).

 Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber. Ditulis oleh Buletin Dakwah AN-NUR Th. XVIII No. 859/Jum’at IV/Jumadil Tsaniyah 1433 H/ 27 April 2012 M.

1 comment: