pilih solusi tepat dan nyata di d'BCN

Wednesday, April 17, 2013

Bagaimana mengambil keputusan yang baik?


Dalam kehidupan kita sebagai manusia tak luput semuanya harus mengambil “keputusan”. Baik keputusan hal kecil maupun keputusan hal besar, sebenarnya keputusan hampir sama dengan takdir. Dalam artian, keputusan disini yaitu keputusan dari Allah SWT, itu lah takdir kita. Contohnya seperti keputusan Allah SWT memberikan jodoh, rezeki,dll itu telah Allah atur di Lauful Makhfudz dan sebagai takdir kita.
Adapun contoh lainnya dalam mengambil keputusan seperti:

1.     Keputusan memilih keyakinan
2.     Keputusan memilih yang halal dan menjauhi yang haram
3.     Keputusan menekuni keahlian
 Dalam keputusan menekuni keahlian ini terdapat pada Al-Quran (QS. Al-Lail)
4.     Keputusan mengambil peran menanggung orang lain
 Keputusan mengambil peran menanggung orang lain ini sangat melekat untuk kaum adam yang   telah memiliki keluarga, karena keluarga itu tanggungan seorang suami, terdapat pada Al-Quran (QS.An-Nahl ayat 78)
5.      Keputusan memilih gaya hidup (pola hidup)

Pada saat mengambil keputusan kita mungkin akan dihadapkan pada kondisi yang sangat sulit, harus mengambil keputusan yang mana. Dalam Islam diajarkan bagaimana mengambil keputusan yang baik itu, yaitu:

1.    Mengambil Keputusan Harus Sangat Hati-hati (QS/ Al-An’Am ayat 116)

Contoh: Saat hendak menikah, harus berhati-hati dalam milih pasangan. Baik untuk kaum adam maupun kaum hawa bukan salah satu saja, harus berhati-hati, karena yang namanya menikah adalah fase kehidupan jangka panjang bukan hanya sehari, sebulan, setahun, tapi bisa berpuluh tahun kita akan mengarungi masa depan bersama pasangan.

2.    Mengambil Keputusan Segera
Mengambil keputusan segera, seperti contoh ada teman kita yang terkena musibah dan membutuhkan donor darah, hal tersebut harus membutuhkan keputusan segera, kita sebagai temannya apakah akan menolong atau tidak. Tapi jangan sampai kita mengambil keputusan segera pada saat kondisi yang tidak enak, misalnya marah karena cenderung syaitan yang menguasai kita saat itu.
3.      Gunakan Kesadaran & Hati.
Gunakan kesadaran dan hati, hal ini karena saat hati dan pikiran sedang tidak baik, keputusan yang diambil akan salah.
4.      Diskusi, Bertanya kepada Orang Tua dan Orang yang Lebih Tahu (QS. As-Syuro ayat 38).
Hal ini sangat perlu dilakukan untuk membantu dalam mengambil keputusan, sehingga keputusan yang di ambil itu bukan baik di mata kita saja tetapi baik di mata orang lain juga.
5.     Berdoa’ dan Meminta Petunjuk kepada Allah SWT.

Semoga kita sebagai kaum muslimim selalu mengambil keputusan dengan cara yang baik  ;)

Penulis: Deviyanti_mahasiswa

No comments:

Post a Comment

Post a Comment