pilih solusi tepat dan nyata di d'BCN

Tuesday, April 30, 2013

Tips Agar Ikhlas dalam Beramal

Ada kata mutiara seperti ini...
“Meninggalkan amalan karena manusia itu sifatnya riya, beramal karena manusia itu berarti syirik, tetapi ikhlas dalam beramal itu akan terhindar dari kedua-duanya.” 
Dari kata mutiara di atas menunjukkan  bahwa keikhlasan itu akan membawa kita kepada kebaikan.

Ikhlas merupakan ruhnya dalam beramal dan salah satu syarat diterimanya amalan yaitu keikhlasan. Adapun syarat diterimanya suatu amalan, yaitu:
1.     Sungguh-sungguh
Pada setiap melakukan suatu amalan baik itu shalat, sedekah, ataupun amalan yang lainnya itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena Allah Swt maha mengetahui setiap amalan kita. Serta ingat pada kematian jadikan amalan itu yang terbaik, karena kita tidak tahu akan umur kita sendiri. Oleh karena itu lakukan amalan dengan sungguh-sungguh.
2.     Ikhlas
Ikhlas dalam melakukan amalan dengan niat yang benar. Sesungguhnya amalan itu tergantung pada niatnya, karena niat yang ikhlas itu dapat mendatangkan keberkahan. Allah Swt berfirman “Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak berseih hati.” QS. Al-Baqarah Ayat 262.
3.     Sunnah sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah Rasul.
Lakukan amalan dengan niat yang ikhlas serta sesuai dengan petunjuk dan hal-hal yang terkandung dalam Al-Quran dan Sunnah/hadits Rasul.

Memunculkan niat yang ikhlas dalam setiap amalan itu memang tidak mudah, tetapi sebenarnya terdapat cara dalam berniat yang ikhlas itu, yaitu sebagai berikut:
1.     Mengetahui arti dari keikhlasan itu sendiri.
2.     Menambah pengetahuan tentang Allah Swt.
3.     Banyak membaca Al-Quran, untuk penyembuh penyakit yang ada di dalam dada (penyakit hati).
4.     Memperbanyak amalan-amalan rahasia, yaitu suatu amalan yang hanya diketahui oleh diri sendiri dan Allah Swt.
5.     Menghindari atau mengurangi saling memuji. Hal ini kadang suatu pujian membuat hati menjadi besar kepala atau menjadi sombong. Oleh karena itu harus dihindari.
6.     Berdoa dengan tujuan semoga selalu diberikan niat yang ikhlas dan dijauhi dari syirik.

Demikian pembahasan mengenai ikhlas, semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk ke dalam manusia yang selalu ikhlas dalam melaksanakan suatu amalan.

Sumber :
-    Materi Liqo tertanggal 20 April 2013
-    Depag RI, Al-Quran dan Tejermahannya. Diterbitkan oleh Media Insani Publishing

penulis: deviyanti_mahasiswa

2 comments:

  1. terimakash ilmu yang sangat bermanfaat kunjungi juga blog ane ya semoga bermanfaat UCARE

    ReplyDelete
  2. terimakash ilmu yang sangat bermanfaat kunjungi juga blog ane ya semoga bermanfaat UCARE

    ReplyDelete