pilih solusi tepat dan nyata di d'BCN

Friday, May 10, 2013

Birrulwalidain (Berbakti pada Orang Tua)


Bersyukurlah kepada Allah Swt, karena sampai detik ini masih memiliki Orang tua. Serta bersyukurlah kepada Orang tua yang selalu memberikan kasih sayangnya kepada kita sebagai anak. Oleh karena itu berbaktilah kepada Orang tua selagi masih ada, hal ini merupakan perintah Allah Swt yang mewajibkan kita sebagai seorang anak untuk berbakti kepada Orang tua. Allah Swt berfirman yang artinya:
“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.”(QS. Luqman : 14).
Terdapat hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang anak kepada kedua orang tuanya ketika masih hidup, yaitu:
1.   Harus selalu taat kepada Orang tua, selama bukan maksiat.
2.   Bersikap rendah hati dan lemah lembut kepada Orang tua, dalam Al-Quran, Allah Swt berfirman yang artinya “Dan Tuhan-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baniknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau keduanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Bani Isra’il : 23).
3.   Memohonkan ampun kepada Allah Swt
Memohonkan ampun lah kepada Allah Swt atas perbuatan-perbuatan Orang tua. Allah Swt berfirman yang artinya “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, kasihilah keduanya sebagaimana keduanya telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Bani Israil : 24). 
4.   Membantu dengan harta
Apabila sebagai anak telah memiliki rezeki, ketika Orang tua membutuhkan uang, maka sebagai anak harus membantunya.
5.   Meminta restu kepada Orang tua apabila ada sesuatu yang penting yang harus dilakukan.
Seperti dalam Hadits Rasulullah Saw, beliau bersabda “Ridhonya Allah ridhonya Orang tua, murkanya Allah murkanya Orang tua”. Oleh sebab itu restu Orang tua sangatlah penting.

Mungkin ada beberapa dari kita yang Orang tuanya telah berpulang ke rahmattullah, tetapi sebagai anak masih bisa melakukan perbuatan yang baik untuk Orang tua yang telah tiada, yaitu:
1.   Mensholatkan, mengkafani, mengantarkan, dan menguburkan.
2.   Memohon ampun kepada Allah Swt.
3.   Memenuhi segala janjinya sebelum tiada.
4.   Menghormati teman Orang tua selama masih hidup.

Sumber :
·         Materi Liqo tertanggal 15 Desember 2012
·         Al-Quran dan terjemahnya, CV Penerbit J-Art

Penulis: deviyanti-mahasiswa

No comments:

Post a Comment