pilih solusi tepat dan nyata di d'BCN

Wednesday, May 8, 2013

MUST READ: 6 Sebab Jahiliyah

Materi ini mengingatkan saya pada 5 tahun yang lalu.. (lama juga ya, hehe). Yang jarang bahkan tidak pernah saya baca kembali, akhirnya berkesempatan untuk mengeshare ke teman2 di blog ini, mengingatkan diri sendiri pada sebab-sebab yang menjadikan seseorang bodoh. Smg bermanfaat ya.

Jahiliyah berasal dari kata Jahala, artinya menjadi bodoh, bodoh, bersikap dengan bodoh dan tidak peduli. Bodoh disini lebih kepada sikap kita terhadap pencipta kita yaitu ALLAH dan terhadap sesama manusia. Emang penting ya dibahas? Penting banget guys. Kenapa tuh kira2 banyak orang yang sesat? banyak orang yang liberal? sekulerisme? feminis? itu kan tidak lebih karena kebodohan atau kejahiliyahan mereka. ya ga guys? dan mereka tidak sadar bahwa mereka termasuk orang2 jahiliyah.


Nah, oke sebab yang pertama:
1. Su'udzon terhadap Allah (QS 2: 216, 48:6)
Su'udzon adalah berburuk sangka pada Allah. Ini ga boleh loh. misal: "Kok Allah ga adil sih sama gue?", "Kayaknya Allah benci banget ya sama gue" dan banyak macam suudzon yg lain. Yang kadang ga kita sadari bahwa kita sudah bersu'udzon pada-Nya. Dalam hadits disebutkan:
"Tidak layak mati seseorang diantara kalian kecuali dengan harus berprasangka baik kepada Allah, karena ada suatu kaum yang binasa karena berprasangka buruk kepada Allah maka Allah berfirman, "Dan demikian itu adalah prasangkamu yang telah kamu sangka pada TuhanMu, prasangkamu telah membinasakanmu maka jadilah kamu orang2 yang merugi." (HR. Ahmad)
Saya pernah denger, bahwa "Prasangka Allah sesuai dengan prasangka HambaNya". Kita harus selalu berprasangka baik guys. Misal: baru saja kehilangan HP dan dompet. timbulkan husnudzan kita kepada allah, katakan "Insya Allah, Allah akan menggantikan yang lebih baik" bukan malah "Gimana dong, HP ilang, dompet ilang,tau ga dompet tuh isinya ada ATM, uang sekian juta bla..bla. kenapa sih ALLAH kasih musibah kayak gini? kenapa harus gue? (menangis)" (cuma fiksi kok :)) Terkait kasus diatas, selain kita harus hati2 menaruh barang juga yang terpenting adalah HUSNUDZAN kepada ALLAH. Yakinlah apa-apa yang Allah berikan ke kita, baik itu musibah atau ujian, adalah yang terbaik.

2. Merasa tidak perlu atau tidak butuh hidayah (QS 96:6-7)
Hidayah itu bukan nama orang, tetangga atau warnet apalagi rumah makan. Menurut saya, hidayah itu adalah secercah cahaya yang datang dari Allah untuk menyinarkan hati yang gelap karena dosa yang berlimpah sehingga menggerakkan nurani untuk menjadi lebih baik. (jah bahasanya..:D) Menurutmu apa?
Terkadang kita merasa cukup dengan ibadah2 minimal kita, jarang mungkin kita meminta dikaruniakan hidayah agar ibadah kita bertambah #renungan #pengalaman pribadi

Atau mungkin kita pernah mendengar kata2, "Buat apa hidayah, hidup gue udah nyaman bla bla". Bahaya..Kalo sampe ngomong begitu, kita bisa tergolong jahil guys.. Yuk buka Qur'annya Surat Al 'Alaq : 6-7, Allah berfirman:
"Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas, karena dia melihat dirinya serba cukup."
3. Sombong
Yang satu ini pasti udah pada tau ya seperti apa. Kalau IMAN lagi error, biasanya timbul rasa sombong ketika nilai kita lebih baik dari yang lain, hidup kita lebih layak dari yang lain, kampus kita lebih elit dari yang lain. Ternyata hal ini termasuk sebab-sebab jahiliyah loh, sehingga harusnya kita coba minimalisir hal ini. Tentunya dengan banyak istighfar yaa guys. Yuk simak firman Allah berikut ini:
"Dan (ingatlah) tatkala Kami berkata kepada Malaikat : Sujudlah kamu kepada Adam! Maka sujudlah mereka,kecuali iblis. Enggan dia dan me­nyombong, karena adalah dia dari golongan makhluk yang kafir." (QS AL Baqarah: 34)
Pasti sobat semua dah hafal sama cerita iblis yang ga mau sujud kepada Adam kan? Kesombongan Iblis yang merasa lebih baik dari Adam yang membuat dirinya terlempat dari surga. Nah kalo manusia sombong berarti mirip dengan? (jawab sendiri)

4. Bid'ah
Bid'ah itu sesuatu yang baru, yang tidak diwahyukan dari Allah ke Rasul. Bid'ah yang saya tau saat ini lebih kepada sisi aqidah dan ibadah (kasih tau ya gan kalo salah). Jadi, kalo kita membuat sesuatu yang baru dalam sholat misalnya: Saat ruku, badan kita goyangkan seperti senam atau goyang dombret atau saat sujud kedua kaki kita tidak menyentuh sajadah karena di angkat (hehe). Itu namanya bid'ah guys, dan sholat kita jadi ga sah deh. Banyak contoh lainnya guys..cari sendiri ya. Tengok firman Allah yuk..



"Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan." QS At Taubah: 31
Perbanyak kunjungi majelis ta'lim, halaqoh2.. guys, biar pemahaman kita terus diperbaiki.

5. Hawa Nafsu
Kalo ga mau jadi jahil, yang ini juga mesti kita handle guys...Sudah banyak manusia yang maksiat karena hawa nafsunya ga terkendali. Kalo yang laki2 nih, mesti puasa kalo belum siap nikah. Yang perempuan juga, jaga pandangan tutupi aurat. Ya kalo masih berat pake jilbab, mbok ya bajunya itu loh yang rapih (sok tua banget ya gue..sorry2 #edisi nasehat). Dalam hadits disebutkan, Abu Muhammad Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash berkata Rasulullah bersabda,
"Tidak beriman seseorang dari kalian sebelum hawa nafsunya mengikuti ajaran yang ku bawa" (Hadits ini shahih. Tertera dalam kitab Al-Hujjah)
Bisa sobat baca lengkapnya di Al Wafi, hadits Arbain ke 41
Yang lebih nampol lagi, Allah berfirman:
"Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya, dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?" QS Al Jaatsiyah: 23

6. Taqlid 
Aduh kalo yang satu ini saya juga merasa ibadah2 saya kebanyakan taqlid. Taqlid tuh gampangnya kita melakukan sesuatu padahal kita tidak tahu sumbernya. Kadang jurus ampuhnya, "kalo kata mama, kalo kata ustad dirumah, kata tetangga...sholat ga boleh becanda kalo becanda sampe 3 kali wudhunya batal bla bla bla". Etss.. itu udah taqlid tuh. Emang yang nurunin perintah sholat ibumu, tetanggamu, ustad2mu? Kan Allah SWT toh. Walaupun misalnya benar, kita tetep berkewajiban, kudu musti tau haditsnya atau surat dalam al qur'an yang memerintahkan kita seperti itu. Sepakat?


Jadi, 6 hal diatas adalah sebab-sebabnya. Kalo ada sebab pasti ada akibat. Nah Akibat dari Kejahilan kita adalah...
Pandangan kita terhadap ISLAM akan menyimpang

Semoga Allah selalu merahmati dan memberikan hidayahNya kepada saya dan kita semua hingga terjauh dari jahiliyah. aamiinn

Maaf apabila ada salah2 kata..

sumber: Materi Liqo 21 Oktober 2008 (Asbabul Jahiliyah)

  by: nhasnif  #yangSedikitIlmu #yangMunafik #yangDhoif #yangBuruk

No comments:

Post a Comment